Optimasi Penjadwalan Jam Kerja di masa Pandemi COVID-19 menggunakan Metode Particle Swarm Optimization

Authors

  • Kuncoro Renaldy Surya Universitas Trilogi

Keywords:

Artificial Intelligence, PSO, Optimasi, Jam Kerja, Pandemi

Abstract

Perkembangan ekonomi global saat ini masih dalam proses pemulihan sejak dilandanya pandemi virus covid-19 yang melanda dunia. Tidak dipungkiri Indonesia juga ikut merasakan dampaknya secara langsung dan memberikan dampak kepada fluktuasi nilai tukar rupiah yang memperburuk ekonomi dalam negeri, maka dari itu pemerintah melalui para menteri menghimbau kepada masyarakat untuk lebih produktif dimasa pandemi seperti sekarang ini dengan cara apapun. Untuk mengikuti peraturan dan himbauan dari pemerintah mau tidak mau para pelaku usaha maupun setiap perusahaan mengharuskan karyawannya untuk bisa bekerja dengan lebih produktif dan efisien guna menjaga roda perekonomian agar tetap stabil. Penelitian ini diteliti berdasarkan permasalahan diatas untuk bisa mengoptimalkan kerja para karyawan. Metode yang digunakan adalah metode Particle Swarm Optimization (PSO) yang mudah diterapkan dan cocok dalam permasalahan yang ada pada masa pandemi sekarang ini. Tujuan penelitian ini dibuat adalah untuk mengoptimalkan jam kerja kepada karyawan pada pelaku usaha maupun perusahaan agar bisa menekan biaya operasional dan efisiensi waktu dimasa pandemi seperti sekarang ini.

References

Akbar, I., Marisa, F., & Wijaya, I. D. (2019). ISTEM INFORMASI PEMBERIAN BONUS UPAH DAN PENJADWALAN KARYAWAN MENGGUNAKAN METODE ALGORITMA GENETIKA. Teknologi Informasi: Teori, Konsep, Dan Implementasi: Jurnal Ilmiah, 59–70.

Atiqoh, A. N. (2020). Analisis inertia weight pada Particle Swarm Optimization (PSO) untuk optimalisasi dan pemodelan sistem terhadap persoalan Vehicle Routing Problem with Time Window (VRPTW). UIN Sunan Ampel Surabaya.

Boone, L., Haugh, D., Pain, N., & Salins, V. (2020). 2 Tackling the fallout from COVID-19. Economics in the Time of COVID-19, 37.

Buana, D. R. (2020). Analisis Perilaku Masyarakat Indonesia dalam Menghadapi Pandemi Virus Corona (Covid-19) dan Kiat Menjaga Kesejahteraan Jiwa. Salam: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 7(3), 217–226.

Kusmarna, IRFRANS. (2013). Rancang Bangun Aplikasi Penjadwalan Mata Kuliah Menggunakan Particle Swarm Optimization (PSO). Skripsi, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, Pekanbaru.

Kusmarna, Irfrans, Wardhani, L. K., & Safrizal, M. (2015). Aplikasi penjadwalan mata kuliah menggunakan algoritma particle swarm optimization (pso). JURNAL TEKNIK INFORMATIKA, 8(2).

Margeritha, R. F., Hartati, R. S., & Utama, N. P. S. (2017). Analisis Penyambungan Distributed Generation Guna Meminimalkan Rugi-Rugi Daya Menggunakan Metode Particle Swarm Optimization (PSO). Maj. Ilm. Teknol. Elektro, 16(3), 122.

Novitasari, D., Sasono, I., Santoso, J., Sudiyono, R. N., & Asbari, M. (2020). PENGARUH KESIAPAN UNTUK BERUBAH PADA KARYAWAN MANUFAKTUR: ANALISIS PRAKTEK KEPEMIMPINAN DI MASA PANDEMI COVID-19. Jurnal Manajemen, Bisnis Dan Organisasi (JUMBO), 4(1), 175–188.

Rizal, A. (2017). OPTIMASI PENJADWALAN PROYEK KONSTRUKSI DENGAN MENGGUNAKAN METODE TIME-COST TRADE OFF (Studi Kasus Proyek Pembangunan Gedung Kantor PT. BANK Sulteng Cabang Luwuk). Siimo Engineering: Journal Teknik Sipil, 1(1).

Roziqin, A. C., Cholissodin, I., & Rahayudi, B. (n.d.). Optimasi Penjadwalan Perkuliahan menggunakan Hybrid Discrete Particle Swarm Optimization (Studi Kasus: STAI Ma’had Aly Al-Hikam Malang). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer E-ISSN, 2548, 964X.

Susandi, D., & Milana, L. (2016). Perancangan Dan Pembuatan Aplikasi Penyusunan Jadwal Kerja Dinas Jaga Perawat IGD Menggunakan Algoritma TPB. INFOTECH Journal, 1(1).

Downloads

Published

2021-04-19

How to Cite

Surya, K. R. (2021). Optimasi Penjadwalan Jam Kerja di masa Pandemi COVID-19 menggunakan Metode Particle Swarm Optimization. JURNAL INDUSTRI KREATIF DAN INFORMATIKA SERIES (JIKIS), 1(1), 44–50. Retrieved from http://jikis.org/index.php/main/article/view/11