SISTEM INFORMASI BOKING LAPANGAN FUTSAL HAVIZH VISTA BERBASIS DESKTOP

Authors

  • Mochamad Anggi Andrianto Universitas Trilogi

Keywords:

Sistem Informasi, RAD, Lapangan Futsal, Desktop

Abstract

Havizh Vista adalah Sistem Informasi Boking Futsal Akademi Trilogi merupakan system pengolahan usaha pelayanan berbasis desktop di bidang jasa penyewaan lapangan futsal mulai dari tahapan penerimaan pelanggan sampai tahap pembayaran. Sistem ini dibuat untuk mengoptimalkan kerja pelayanan jasa lapangan futsal. System ini di buat untuk pengembangan Tahap manual yang dapat menimbulkan masalah seperti lambatnya proses pelayanan, menumpukan arsip, pencarian data, dan juga transaksi pembayaran. Sistem dibangun dengan metode Rapid application development (RAD) yang terdiri dari tahapan analisis, tools yang digunakan untuk pemodelan adalah Class Diagram, Use Case Diagram dan Sequence Diagram. Dari tahapan perancangan dibuat dengan rancangan arsitektur ERD (Entity Relationship Diagram), dan User Interface. Proses implementasi dilakukan dengan menggunakan database MySQL dan menggunakan Netbeans Java secara Prosedural. Proses pengujian Sistem informasi menggunakan metode black-box testing . Hasil pengujian system sesuai dengan dokumentasi SKPL,DPPL,dan PDHUPL. Penelitian ini menghasilkan system informasi pelayanan boking lapangan futsal  berbasis desktop yang digunakan untuk pengelolaan layanan jasa boking lapangan.

References

Budi, D. S., Siswa, T. A. Y., & Abijono, H. (2016). Analisis Pemilihan Penerapan Proyek Metodologi Pengembangan Rekayasa Perangkat Lunak. TEKNIKA, 5(1), 24–31.

Fatmawati. (2016). Perancangan Sistem Informasi Pemesanan Katering Berbasis Web Pada Rumah Makan Tosuka Tangerang. Jurnal Teknik Komputer AMIK BSI.

Kosasi, S., & Eka Yuliani, I. D. A. (2015). PENERAPAN RAPID APPLICATION DEVELOPMENT PADA SISTEM PENJUALAN SEPEDA ONLINE. Simetris : Jurnal Teknik Mesin, Elektro Dan Ilmu Komputer, 6(1), 27. https://doi.org/10.24176/simet.v6i1.234

Rumbaugh, J. (2016). Unified Modeling Language (UML). In Encyclopedia of Software Engineering. https://doi.org/10.1081/e-ese-120044214

Sopiah, N. (2012). Penggunaan Metode Analisis Dan Rancangan Berorientasi Objek Pada Web Jurnal Ilmiah Terpadu. SemnasIF 2012.

Suryanto, T. (2018). Penerapan E-Marketplace pada Distro Silver Squad. Konferensi Nasional Sistem Informasi (KNSI) 2018, 0(0), 8–9.

Trimahardhika, R., & Sutinah, E. (2017). Penggunaan Metode Rapid Application Development Dalam Perancangan Sistem Informasi Perpustakaan. Jurnal Informatika, 4(2), 249–260.

Downloads

Published

2021-11-27

How to Cite

Mochamad Anggi Andrianto. (2021). SISTEM INFORMASI BOKING LAPANGAN FUTSAL HAVIZH VISTA BERBASIS DESKTOP. JURNAL INDUSTRI KREATIF DAN INFORMATIKA SERIES (JIKIS), 1(2), 60–69. Retrieved from http://jikis.org/index.php/main/article/view/16