SISTEM INFORMASI TOKO BANGUNAN BERBABSIS DESKTOP

Authors

  • Sherina Dwihastuti Universitas Trilogi
  • Ketut Bayu Yogha Bintoro Universitas Trilogi

Keywords:

Sistem Informasi, Toko Bangunan, Desktop

Abstract

Sistem Informasi Toko Bangunan merupakan sistem pengelolaan usaha pelayanan toko bangunan berbasis desktop. Sistem ini dibuat untuk mengoptimalkan transaksi, manajemen barang dan pegawai toko bangunan. Sistem ini dibuat untuk pengembangan Tahap manual yang dapat menimbulkan masalah seperti lambatnya proses pelayanan, penumpukan arsip, pencarian data, dan juga transaksi pembayaran. Sistem dibangun dengan metode Prototyping yang terdiri dari tahapan analisis, tools yang digunakan untuk pemodelan adalah Activity Diagram, Class Diagram, Use Case Diagram dan Sequence Diagram. Dari tahapan perancangan dibuat dengan rancangan arsitektur ERD (Entity Relationship Diagram) dan User Interface. Proses implementasi dilakukan dengan menggunakan database Microsoft Access dan Visual Studio C# secara prosedural. Proses pengujian sistem informasi menggunakan metode black-box testing. Penelitian ini menghasilkan sistem informasi Toko Bangunan berbasis desktop yang digunakan untuk pengelolaan layanan Toko Bangunan “Adi Jaya”.

References

Andres, F. S., Praptono, B., Tripiawan, W., Studi, P., Industri, T., Industri, F. R., & Informasi, S. (2017). Perancangan Sistem Informasi Berbasis Desktop Untuk Pengelolaan Data Transaksi Dan Laporan Keuangan Pada In Tailor Menggunakan Metode Waterfall. EProceedings of Engineering.

Kosasi, S., & Eka Yuliani, I. D. A. (2015). PENERAPAN RAPID APPLICATION DEVELOPMENT PADA SISTEM PENJUALAN SEPEDA ONLINE. Simetris : Jurnal Teknik Mesin, Elektro Dan Ilmu Komputer, 6(1), 27. https://doi.org/10.24176/simet.v6i1.234

Oktarino, A. (2015). Perancangan Sistem Nformasi Rekam Medis Pasien Pada Klinik Bersalin Kasih Ibu Menggunakan Metode Waterfall. In SCIENTIA JOURNAL No.3.

Oktarino A. (2015). PERANCANGAN SISTEM NFORMASI REKAM MEDIS PASIEN PADA KLINIK BERSALIN KASIH IBU MENGGUNAKAN METODE WATERFALL. SCIENTIA JOURNAL No.3.

Permana, S. D. H., & Faisal. (2015). Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi Pasien ( Sipasien ). Teknologi Informasi.

Zainab, A. S. N., Widiyani, S. A., Salmawati, Ningrum, A. D. C., Julianingsih, T., Rusliani, & Ransi, N. (2018). Rancang Bangun Basis Data Untuk Menampilkan Jadwal Praktik Dokter Menggunakan Metode Waterfall. Teknologi Terapan Berbasis Kearifan Lokal (SNT2BKL).

Downloads

Published

2021-11-27

How to Cite

Sherina Dwihastuti, & Ketut Bayu Yogha Bintoro. (2021). SISTEM INFORMASI TOKO BANGUNAN BERBABSIS DESKTOP. JURNAL INDUSTRI KREATIF DAN INFORMATIKA SERIES (JIKIS), 1(2), 95–101. Retrieved from http://jikis.org/index.php/main/article/view/20