PELUANG JARINGAN WIRELESS PRIBADI UNTUK HOTSPOT UMUM DENGAN SISTEM VOUCHER

Authors

  • Hendra Abdul Hamid Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Muhammad Al Farizi Universitas Muhammadiyah Jakarta

Keywords:

Wireless, hotspot, voucher, ndlc, bandwith

Abstract

Jaringan komputer saat ini merupakan salah satu bagian dari kebutuhan manusia akan komputer dan juga komunikasi. Jaringan komputer membantu kita, sebagai user dalam mempermudah melakukan pekerjaan terkait sistem komunikasi. Penggunaan  jaringan  wireless saat ini sudah banyak ditemukan di berbagai tempat, misalnya di perkantoran, rumah, sekolahan, dan kafe. Penulis ingin memanfaatkan jaringan wi-fi pribadi untuk peluang usaha hotspot menggunakan sistem voucher, dimana user yang berlangganan hotspot harus membeli voucher hotspot terlebih dahulu. Metode yang digunakan adalah NDLC beberapa proses tahapan, yaitu analysis, design, simulation/prototyping, implementation, monitoring, management. Vocuher hotpsot diuji menggunakan smartphone yang akan terhubung ke jaringan wifi, user mendapat kecepatan bandwith internet sesuai dengan jarak dan device yang terhubung ke jaringan hotspot wifi.

References

Adani, M. R. (2021). Pengenalan Mikrotik Beserta Jenis dan Fungsinya Secara Lengkap. Malang: Sekawan Media.

Arifin, M. A. (2018). Modul Teori dan Praktikum Jaringan Komputer. Lubuklinggau: SMIK MusirawasLubuklinggau.

Assidik. (2020). Perancangan Jaringan LAN DAN WLAN Berbasis Mikrotik di SMK 1 Muntok. Jurnal Sifom , 1-23.

Prianto, T. S. (2018). Implementasi Generate Voucher Hotspor Dengan Batas Waktu dan Batas Kuota Menggunakan Usermanager di Mikrotik. Jurnal Managamen Informatika , 1-7.

Susianto. (2016). Implementasi Queue Tree Untuk Manajemen Bandwith Menggunakan Router Board Mikrotik. Jurnal Cendikia , 1-8.

Downloads

Published

2022-08-20

How to Cite

Abdul Hamid, H., & Farizi , M. A. . (2022). PELUANG JARINGAN WIRELESS PRIBADI UNTUK HOTSPOT UMUM DENGAN SISTEM VOUCHER. JURNAL INDUSTRI KREATIF DAN INFORMATIKA SERIES (JIKIS), 2(1), 1–10. Retrieved from http://jikis.org/index.php/main/article/view/33