Pelatihan Pembuatan Filter Augmented Reality Menggunakan SPARKAR

Authors

  • Budi Arifitama
  • Ade Syahputra Universitas Trilogi
  • Ketut Bayu Yogha Bintoro Universitas Trilogi

Keywords:

Pelatihan Augmented Reality, augmented reality, SPARKAR

Abstract

Augmented reality dalam pengembangan kurikulum di sekolah memberikan terobosan yang baik dari sisi keterbaharuan bahan pengajaran dari sekolah. Namun dengan barunya teknologi tersebut maka untuk mempercepat proses transfer knowledge kepada siswa di SMK Cybermedia Jakarta, maka dibutuhkan suatu pelatihan mengenai pengenalan dan pembuatan augmented reality sederhana bagi para siswa SMK Cybermedia. Kondisi dari para siswa SMK Cybermedia saat ini memiliki 3 jurusan yaitu TJK, Multimedia dan Otomatisasi Perkantoran, dimana spesifikasi perangkat komputer yang dimiliki di laboratorium komputer sudah cukup baik untuk dapat mengembangkan augmented reality, sehingga pelaksanaan pelatihan ini akan dapat dilaksanakan dengan baik. Permasalahan yang dihadapi oleh siswa adalah Masih rendahnya pengetahuan mengenai teknologi augmented reality. Solusi yang diberikan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah melakukan pelatihan aplikasi pembuatan augmented reality menggunakan SparkAR. Hasil dari pelatihan ini adalah siswa dapat membuat augmented reality sederhana dengan memanfaatkan SparkAR.

References

Boonbrahm, S., Boonbrahm, P., & Kaewrat, C. (2020). The use of marker-based augmented reality in space measurement. Procedia Manufacturing. https://doi.org/10.1016/j.promfg.2020.02.081

Hidayatullah, M. I. S., Nurhayati, O. D., & Prasetijo, A. B. (2022). Perancangan Game Edukatif Anti Narkoba Berbasis Augmented Reality (AR) Menggunakan Spark AR dengan Metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC). Jurnal Ilmu Teknik Dan Komputer. https://doi.org/10.22441/jitkom.v6i1.005

Kartika, M., Hendarmin, H., & Pebrianti, W. (2018). Pelatihan Dan Pendampingan Pengolahan Komoditi Kelapa. JPPM (Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat). https://doi.org/10.30595/jppm.v2i1.1706

Kristian, M., Fitri, I., & Gunaryati, A. (2020). Implementation of Augmented Reality for Introduction To Android Based Mammalian Animals Using The Marker Based Tracking Method. JISA(Jurnal Informatika Dan Sains), 3(1). https://doi.org/https://doi.org/10.31326/jisa.v3i1.623

Mega, F. K. (2018). Aplikasi Augmented Reality Berbasis Vuforia dan Unity Pada Pemasaran Mobil. JISA(Jurnal Informatika Dan Sains). https://doi.org/10.31326/jisa.v1i2.502

Phan, V. T., & Choo, S. Y. (2010). Interior Design in Augmented Reality Environment. International Journal of Computer Applications, 5(5), 16–21. https://doi.org/10.5120/912-1290

Putri, G. V. G., Syahputra, A., & Permana, S. D. H. (2020). The Implementation of Augmented Reality Hairstyles at Beauty Salons Using the Viola-Jones Method (Case Study: Eka Salon). JISA(Jurnal Informatika Dan Sains), 3(2). https://doi.org/https://doi.org/10.31326/jisa.v3i2.847

Trunfio, M., & Campana, S. (2020). A visitors’ experience model for mixed reality in the museum. Current Issues in Tourism. https://doi.org/10.1080/13683500.2019.1586847

Widyasanti, A. (2017). Upaya Pemberdayaan Masyarakat melalui Pelatihan Pembuatan Produk Sabun Berbasis Komoditas Lokal di Desa

Sindanglaya dan Desa MekarWangi Kecamatan Sukamantri Kabupaten Ciamis. Dharmakarya. https://doi.org/10.24198/dharmakarya.v5i1.8869

Yuniarto, D., Helmiawan, M. A., & Firmansyah, E. (2018). Technology Acceptance in Augmented Reality. Jurnal Online Informatika. https://doi.org/10.15575/join.v3i1.158

Downloads

Published

2022-08-20

How to Cite

Budi Arifitama, Syahputra, A. ., & Bintoro, K. B. Y. (2022). Pelatihan Pembuatan Filter Augmented Reality Menggunakan SPARKAR. JURNAL INDUSTRI KREATIF DAN INFORMATIKA SERIES (JIKIS), 2(1), 25–29. Retrieved from http://jikis.org/index.php/main/article/view/35