Perancangan Sistem Informasi Penjualan Handphone dan Pulsa Berbasis Desktop untuk Meningkatkan Efisiensi dan Keunggulan Kompetitif

Authors

  • Mohammad Ravie Azharie Universitas Trilogi
  • Ahmad Sofian
  • Jayyid Baldan alghifari
  • Silvester Dian Handy Permana

Keywords:

Aplikasi, Sistem Informasi, MySQL, Database, Desktop

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah aplikasi penjualan handphone dan pulsa berbasis desktop yang efektif dan efisien dalam mengatasi masalah pencatatan dan penginputan data penjualan serta transaksi yang masih dilakukan secara manual. Pada zaman yang serba canggih ini, handphone dan pulsa menjadi kebutuhan penting bagi masyarakat, dengan kemajuan teknologi yang pesat, handphone tidak hanya digunakan sebagai alat komunikasi, tetapi juga sebagai alat bantu dalam menyelesaikan berbagai tugas sehari-hari serta memudahkan transaksi melalui platform online. Di pasar saat ini, terdapat banyak toko yang menjual handphone dan pulsa, namun sistem penjualan yang masih mengandalkan pencatatan dan penginputan data secara manual menyebabkan proses penjualan menjadi kurang efektif dan efisien. Untuk mengatasi masalah ini, dalam penelitian ini dikembangkan sebuah aplikasi penjualan handphone dan pulsa berbasis desktop menggunakan visual studio dan MySQL sebagai media penyimpanan data. Aplikasi ini dirancang dengan tujuan untuk mempermudah proses penjualan handphone dan pulsa dengan mengotomatiskan pencatatan dan penginputan data. Data penjualan dan transaksi akan disimpan secara terstruktur dalam database yang telah dibuat, sehingga memudahkan dalam melacak dan mengelola data penjualan secara lebih efisien. Dengan adanya aplikasi ini, diharapkan toko-toko penjualan handphone dan pulsa dapat meningkatkan efektivitas dan efisiensi dalam menjalankan proses penjualan, serta meningkatkan kepuasan pelanggan.

References

Anggraeni, S., & Rayana, I. (2017). Analisis dan Perancangan Sistem Penjualan untuk Meningkatkan Kualitas Pelayanan terhadap Pelanggan dengan Perbaikan Sistem Akuntansi Penjualan. JASa (Jurnal Akuntansi, Audit dan Sistem Informasi Akuntansi), 1(1), 60-69.

Asih, S., Muliaty, M., Puspita, N., Lionardo, A., Pratiwi, A., Meifilina, A., ... & Syarifuddin, S. (2021). Strategi Komunikasi, Mobilitas Sosial Serta Perubahan Perilaku masyarakat dalam menghadapi Penyebaran Covid-19.

Masinambow, R. G., & Karuntu, M. M. (2019). Analisis Penerapan Total Quality Management di Rumah Sakit Siloam GMIM Sonder. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 7(1).

Maulina, L. (2023). Revitalisasi Industri Perhotelan Dengan Inovasi Teknologi: Meningkatkan Keunggulan Bersaing dan Pengalaman Pelanggan. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 7(1), 504-519.

Novianti, N. D., & Mustagfirin, M. (2021, November). Sistem Informasi Persediaan Dan Penjualan Barang Pada Toko Voucher Pulsa Elektrik, Dan Accessories (Study Kasus Outlet Anline Cell). In Prosiding Seminar Sains Nasional dan Teknologi (Vol. 1, No. 1).

Nugraha, G. A. (2023). Pengaruh Inovasi Produk, Tata Letak, Dan Lokasi Terhadap Keunggulan Bersaing Pada Kedai Kopi Berkonsep Alam Di Kabupaten Tasikmalaya (Doctoral dissertation, Universitas Siliwangi).

Pakpahan, Mutmainnah Khairiah, and Graudi Haekal. "Analisis Sistem Informasi Penjualan Pupuk Berbasis E-Commerce:(Studi Kasus Kecamatan Sosa Timur)." jurnal manajemen bisnis syariah 1.2 (2022): 100-106.

Pudjiastuti, C. (2023). Pengembangan Sistem E-Commerce Toko Bangunan Berbasis Mobile Menggunakan Metode Waterfall.

Puspaningrum, A., & Sudarmilah, E. (2020). Sistem Informasi Manajemen Peminjaman (Studi Kasus: Pengelolaan Aset Dan Tata Ruang Taman Budaya Jawa Tengah). Technologia: Jurnal Ilmiah, 11(1), 37-45.

Putra, Ade Dwi. "Rancang Bangun Aplikasi E-Commerce Untuk Usaha Penjualan Helm." Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak 1.1 (2020): 17-24.

Rohim, A., & Virgan, M. (2021). Sistem Informasi Penjualan Pulsa Prabayar Berbasis Web. Jurnal Ilmiah MIKA AMIK Al Muslim, 5(2), 47-52.

Sari, M. P., Setiawansyah, S., & Budiman, A. (2021). Perancangan Sistem Informasi Manajemen Perpustakaan Menggunakan Metode Fast (Framework for the Application System Thinking)(Studi Kasus: Sman 1 Negeri Katon). Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi, 2(2), 69-77.

Sembiring, Falentino, and Sudin Saepudin. "Perancangan Sistem Inventaris Barang Pada Kube Mandiri Sejahtera Menggunakan Framework Togaf ADM." Seminar Nasional Sistem Informasi dan Manajemen Informatika Universitas Nusa Putra. Vol. 1. No. 01. 2021.

Wijaya, R. V., & Vincent, T. (2021). Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Penjualan, Pembelian, dan Persediaan Pada Toko Har’s Ponsel (Undergraduate (S-1) thesis, Universitas Mikroskil).

Zulkhairi, Z. (2020). Implementasi Sistem Informasi Manajemen Akademik Sevima Dalam Mengoptimalkan Mutu Layanan Akademik Perguruan Tinggi. Idarah (Jurnal Pendidikan Dan Kependidikan), 4(1), 73-88.

Downloads

Published

2023-08-22

How to Cite

Azharie, M. R., Sofian, A. ., alghifari, J. B. . ., & Permana, S. D. H. . (2023). Perancangan Sistem Informasi Penjualan Handphone dan Pulsa Berbasis Desktop untuk Meningkatkan Efisiensi dan Keunggulan Kompetitif. JURNAL INDUSTRI KREATIF DAN INFORMATIKA SERIES (JIKIS), 3(1). Retrieved from http://jikis.org/index.php/main/article/view/60