Implementasi GIS Untuk Kantor Dinas Pemerintahan Kabupaten Bojonegoro Berbasis Android

Authors

  • Nurul Fuad Universitas Islam Lamongan
  • Iva Fitria Universitas Islam Lamongan
  • Masruroh Universitas Islam Lamongan

Keywords:

Geographic Information System, Google Maps API, Android

Abstract

Dinas Pemerintahan merupakan salah satu unsur pendukung pelaksanaan kewenangan daerah dalam berbagai bidang yang mempunyai tugas dan fungsi masing-masing sesuai dengan kewenangan yang telah diberikan oleh pemerintahan pusat. Kabupaten Bojonegoro memiliki 17 kantor Dinas Pemerintahan yang lokasinya tersebar di lingkup kota Bojonegoro, hal tersebut membuat lokasi kantor Dinas Pemerintahan Bojonegoro sulit untuk ditemukan, apa lagi oleh masyarakat yang kurang mengetahui seluk-beluk kota Bojonegoro. Salah satu solusi yang ditawarkan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dirancangnya aplikasi sistem informasi geografis kantor Dinas Pemerintahan Bojonegoro yang dilengkapi fasilitas SPBU dan ATM basis android. Aplikasi ini dibangun dengan Android Studio, Software Development Kit (SDK) dan MySQL sebagai database sistem dengan menerapkan Geographic Information System yang memanfaatkan Google Maps API untuk membantu mendapatkan lokasi user, tujuan dan rute yang akan ditempuh secara jelas dan akurat. Aplikasi ini dirancang dengan tujuan untuk memberikan informasi serta lokasi kantor Dinas Pemerintahan, SPBU dan ATM BRI yang ada di Bojonegoro. Sehingga diharapkan dengan adanya aplikasi ini permasalahan yang ada sebelumnya dapat teratasi.

References

Dinas Energi Sumber Daya dan Mineral (ESDM) Kabupaten Bojonegoro. 2016. Daftar SPBU di Bojonegoro. Dinas ESDM : Bojonegoro.

Faradiansyah, Yoga. 2011. Sistem Informasi Geografis Objek Pariwisata Pada Kabupaten Banyumas Berbasis Mobile. Naskah Publikasi Tteknik Informatika : Yogyakarta.

Huda, Arif Akbar. 2013. Live Coding 9 Aplikasi Android Buatan Sendiri. CV Andi Offset : Yogyakarta.

Khoiri, Ahmad. 2015. Aplikasi Informasi Lokasi Sma, Smk, Ma Dan Perguruan Tinggi Di Kabupaten Lamongan Berbasis Android. Teknik Informatika : Lamongan.

Pemerintahan Kabupaten Bojonegoro. Tupoksi Dinas Pemerintahan Bojonegoro, (Online), http://www.bojonegorokab.go.id/, diakses 09 Mei 2016.

Safaat, Nasrudin. 2015. Rancang Bangun Aplikasi Multiplatform. Informatika Bandung : Bandung.

Wijaya, Andri. 2014. Sistem Informasi Geografis Pemetaan Kantor Dinas Pemerintah Kota Palembang Menggunakan Arcgis. Seminar Nasional Teknologi Informasi & Komunikasi Terapan : Palembang.

Downloads

Published

2023-08-22

How to Cite

Fuad, N., Fitria, . I. ., & Masruroh. (2023). Implementasi GIS Untuk Kantor Dinas Pemerintahan Kabupaten Bojonegoro Berbasis Android. JURNAL INDUSTRI KREATIF DAN INFORMATIKA SERIES (JIKIS), 3(1). Retrieved from http://jikis.org/index.php/main/article/view/65