Perancangan Promosi Digital Melalui Media Sosial Untuk Meningkatkan Kesadaran Merek Bangi Kopi Lokantara

Authors

  • Cindy Anggreini Januarti Br Tarigan Universitas Paramadina
  • Vidya Kharishma Universitas Paramadina

Keywords:

Media Promosi, Brand Awareness, Kopi, Work From Café (WFC), Coworking Space, Networking

Abstract

Bangi Kopi Lokantara merupakan kafe sekaligus co-working space yang dapat menjadi sarana untuk Work from Café (WFC) atau bekerja pada sebuah kafe. WFC menjadi budaya untuk menjalin networking bersama klien sebagai salah satu pendekatan secara personal yang dapat memperkuat relasi. Penggunaan media promosi yang tepat merupakan kunci dalam strategi promosi yang efektif untuk meningkatkan brand awareness terhadap keunggulan Bangi Kopi Lokantara tersebut. Pemilihan media promosi digital melalui media social bertujuan agar Bangi Kopi Lokantara tidak hanya dikenal oleh masyarakat Jakarta Timur saja, namun dapat dikenal oleh masyarakat luas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif untuk merancangan media promosi mulai dari konsep, sketsa, dan aplikasinya pada media sosial. Hasil dari perancangan media promosi digital yang telah digunakan oleh Bangi Kopi Lokantara diharapkan dapat efektif meningkatkan brand awareness. Dengan demikian, diharapkan penelitian ini dapat memberikan sumbangan kontribusi ilmiah yang berarti dan memberikan panduan praktis bagi perusahaan sejenis dalam upaya mereka untuk memperkuat posisi merek di pasar.

References

Atmoko, B. D. (2012). Instagram Handbook. Jakarta: Media Kita.

Bahri, S. (2017). Pengembangan kurikulum dasar dan tujuannya. Jurnal Ilmiah Islam Futura, 11(1), 15–34.

Firmansyah, M. (2019). Pemasaran Produk dan Merek: Planning dan Strategy. Yogyakarta: Penerbit Qiara Media.

Kotler, P. a. (2012). Marketing Management (14 ed.). England: Prentice Hall, Inc.

Mayasari, I. (2013). Manajement Pemasaran. Jakarta: Greentea.

Ramadhanti, T. R., & Naryoso, S. S. M. S.A (2016). the Phenomenon of Utilization Instagram as a Personal Branding Medium. Interaksi Online, 4(4), 1–10. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/interaksi-online/article/view/13656

Rangkuti, F. (2009). Strategi Promosi yang Kreatif dan Analisis Kasus Integrated Marketing Communication. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Rustan, S. (2008). Layout dasar dan penerapannya. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Putri, M.M (2019). Mengenal Fotografi. Semarang: Universitas Dian Nuswantoro.

Tatar, S. B. and Erdogmus, I. E. (2016). The effect of social media marketing on brand trust and brand loyalty for hotels. Information Technology & Tourism, 16(3), 249-263.

Downloads

Published

2024-02-29

How to Cite

Tarigan, C. A. J. B. ., & Kharishma, V. (2024). Perancangan Promosi Digital Melalui Media Sosial Untuk Meningkatkan Kesadaran Merek Bangi Kopi Lokantara. JURNAL INDUSTRI KREATIF DAN INFORMATIKA SERIES (JIKIS), 3(2). Retrieved from http://jikis.org/index.php/main/article/view/72