Perancangan Fotografi Iklan Vespa Piaggio Dengan Menggunakan Teknik Digital Imaging

Authors

  • Abdul Hakim Santoso Universitas Trilogi

Keywords:

Periklanan, Visual, Fotografi, Digital Imaging, Vespa Piaggio

Abstract

Periklanan tidak lepas dari target penjualan untuk mencapai penjualan produk, yang akan ditawarkan kepada konsumen. Bentuk visual yang ditangkap oleh panca indera, yang akhirnya menimbulkan efek emosional, sehingga membuat konsumen tertarik kemudian bertanya tentang detail produk tersebut. Pada perancangan fotografi iklan Vespa Piaggio denga teknik digital imging, peneliti membuat karya-karya fotografi dengan menggabungkan teknik digital imaging pada foto. Dengan berkembangnya teknologi dan tinggi kebutuhan akan sebuah iklan, maka pekerja dibidang kreatif di tuntut untuk membuat ide kemudian secara cepat merealisasikan ide-idenya kedalam sebuah visual. Di dalam dunia periklanan fotografi sebagai elemen penyampai pesan dengan visual foto, karya fotografi yang dibuat di dalam iklan sering kali mengalami pengolahan digital imaging. Salah satu daya tarik manusia adalah adanya daya unsur gambar (image). Gambar digital merupakan dokumen berbentuk file perangkat elektronik atau media digital. Saat ini banyak perangkat tools software untuk mengolah (manipulasi) sebuah gambar. Sebagian desainer menuangkan karakter dan ide kedalam coretan-coretan tangan yang kemudian selanjutnya di scanning (digitalisasi) kedalam komputer dan hasilnya diolah sesuai kebutuhan. PIXEL merupkan titik individu dari suatu warna. Arti lainnya adalah satuan unit terkecil dari informasi digital. File JPEG merupakan skema kompresi file bitmap yang memiliki file penyimpanan yang besar sehingga tidak praktis. Dalam perancangan foto iklan Vespa Piaggio peneliti menggunakan alat yang dibutuhkan dalam pembuatan karya, yaitu sebuah kamera digital DSLR (Digital Single Lens Reflex). Kemudian menggunakan software photoshop untuk memproses hasil foto yang akan diolah menjadi sebuah karya fotografi dengan menggabungkan teknik fotografi dan teknik digital imaging yang dilakukan di dalam software photoshop.

References

Andy Riza Hidayat, “Pendekatan Psikologi dalam Menata Lalu Lintas”, diakses dari, (http://megapolitan.kompas.com/read/2014/11/06/14150031/), waktu akses 17-November-2015.

Aran Handoko, Fotografi Iklan (Yogyakarta: staff.UNY.ac.id).http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/pendidikan/AranHandoko, Fotografi iklan, Waktu akses 12-Januari-2016.

Belajar Fotografi, Apa Itu Crop Factor. Diakses dari. http://belfot.com/crop-factor/. Waktu akses pada tanggal 21-November-2015.

Darmaprawira. Sulasmi W.A. 2002. Warna, Teori dan Kreativitas Penggunaanya. Bandung: ITB. Edisi ke-2.

Davis Howard dan Paul Walton. 2010. Bahasa Citra Media. Yogyakarta: Jalasutra, Cetakan ke-1.

Jefkins. Frank. 1997. Periklanan. Jakarta: Erlangga, Edisi Ketiga.

Gobe Marc. 2005. Emotional Branding. Jakarta: Erlangga. Kasali, Rhenald. 1993. Jakarta: Manajemen Periklanan, Konsep dan Aplikasinya di Indonesia. PT. Temprint, Cetakan ke-3.

Kartika Sony Dharsono dan Nanang Ganda Perwira. 2004. Pengantar Estetika. Bandung: Rekayasa Sains, Cetakan ke-1.

Kultwit, Sejarah Vespa Masuk KeIndonesia, http://www.kultwit.info/sejarah-vespa-dan-masuknya-vespa-ke-indonesia-dari-masa-ke-masa/, waktu akses,6-januari-2015.

Kusmiati. Artini, Sri Pudjiastuti dan Pamudji Suptandar 1999. Teori Dasar Disain Komunikasi Visual. Jakarta: Djambatan.

Lukman. Hakim dan Fathul Lubabin Nuqul. 2011. “Analisa sikap Terhadap Aturan Lalu-Lintas Pada Komunitas Bermotor”. Jurnal Psikologi Indonesia, VIII / 2.

Reihan. Friza. 2010. New Concept Of Digital Imaging. Jakarta: PT Alex Media Komputindo.

Revolusi Industri Hingga Indonesia Kini. Jakarta Selatan: PT. Concept Media.

Susanto, A.B dan Himawan Wijarnako. 2004. Power Branding Membangun Brand yang legendaris. Bandung : PT. Mizan Pustaka.

Suyonto, Danang. 2014. Praktik Riset Perilaku Konsumen, Teori, Kuesioner, Alat dan Analisi Data. Yogyakarta: Center of Academic Publishing Service.

Takwin. Bagus. 2006. Resistensi Gaya Hidup Teori dan Realitas. Yogyakarta: Jalasutra.

Trussell H dan Vrhel M, Fundamental of Digital Imaging (Cambridge University Press, 2008).

Tinarbuko, Sumbo. 2009. Semiotika Komunikasi Visual. Yogyakarta: Jalasutra.

Wibowo. Bagas Prasetyo. 2002. Manajemen Desain. Bandung: Yayasan Delapan Sepuluh, Cetakan pertama.

Vespa Heritage, Di akses dari http://www.vespa.com/en/heritage, waktu akses 28-November-2015.

Yuliadewi, Lesie. 1999. Mengenal Fotografi dan Fotografi Desain. Jurnal Nirmana, 1/01.

Downloads

Published

2024-02-29

How to Cite

Santoso, A. H. (2024). Perancangan Fotografi Iklan Vespa Piaggio Dengan Menggunakan Teknik Digital Imaging. JURNAL INDUSTRI KREATIF DAN INFORMATIKA SERIES (JIKIS), 3(2). Retrieved from http://jikis.org/index.php/main/article/view/73